Kuliah Umum Bersama Prof. Dr. Hj. Endang Siti Astuti Aziz, M.Si

Kuliah Umum Fekon Uniska MAB Banjarmasin

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin kembali menyelenggarakan kuliah umum yang bertema “Menyiapkan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Kuliah umum tersebut menghadirkan narasumber dari Universitas Brawijaya Malang, yakni Prof. Dr. Hj. Endang Siti Astuti Aziz, M.Si kegiatan yang terbuka bagi seluruh civitas akademika Fakultas Ekonomi itu diselenggarakan pada Sabtu, 03 November 2018 di Ball Room Hotel G’Sign Banjarmasin. Acara tersebut dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi sebanyak 480 orang.

Rektor Uniska MAB Banjarmasin Abd. Malik, S.Pt., M.Si., P.hD dalam sambutannya menyampaikan bahwa suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri pada saat sekarang ini kita berada di era digital, di mana semua sudah menggunakan teknologi informasi dalam melakukan berbagai transaksi disegala aspek kehidupan.

Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ekonomi Uniska MAB Banjarmasin Hj. Farida Yulianti, S.E., M.M pada acara tersebut menyampaikan pada revolusi industri generasi keempat, telah menemukan pola baru ketika disruptif teknologi (disruptive technology) hadir begitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan incumbent. Sejarah telah mencatat bahwa revolusi industri telah banyak menelan korban dengan matinya perusahaan-perusahaan raksasa. Pada era industri generasi keempat ini, ukuran besar perusahaan tidak menjadi jaminan, namun kelincahan perusahaan menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat. Hj. Farida Yulianti, S.E., M.M memberikan contoh seperti Uber, Grab, Go-Jek yang mengancam pemain-pemain besar pada industri transportasi.

Prof. Dr. Hj. Endang Siti Astuti Aziz, M.Si selaku narasumber menyampaikan bahwa setidaknya ada 11 keterampilan (skill) yang diperlukan di Revolusi Industri 4.0 ini, yaitu; Cognitive Flexibility, Negotiation, Service Orientation, Judgment and decision making, Emotion Intelligence, Coordinating with other, People management, Creativity, Critical Thinking, Complex problem Solving, dan Ability to experiment. Beliau juga menambahkan ada pekerjaan yang diprediksi hilang karena perannya tergantikan oleh penggunaan teknologi informasi, seperti: mekanik, tukang cetak, pengantar surat, supir dan lain sebagainya.

Sementara itu, dari acara kuliah umum ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa dan para dosen fakultas ekonomi untuk mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi persaingan di era digital.

 

Materi Kuliah Umum silahkan unduh pada link di bawah ini:

Mempersiapkan SDM Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Share! ke media sosial anda...!